Wednesday, October 29, 2014

Tur Literasi Gol A Gong Singgahi Magetan

Magetan (Antara Jatim) - Tur literasi di Jawa yang dilakukan penulis Heri Hendrayana Harris yang akrab dengan Gol A Gong menyinggahi Kabupaten Magetan, Rabu.

"Kebetulan Mas Gol A Gong sedang ada tur di Jawa, lalu saya minta mampir Magetan," kata penulis muda asal Surabaya Diana AV Sasa kepada Antara melalui surat elektronik.

Dalam "Workshop Menulis Catatan Perjalanan dan Bincang Literasi Bersama Gol A Gong", pengasuh Perpustakaan Dbuku itu mengajak Gol A Gong untuk mengampanyekan minat baca di Magetan.

"Saya minta Mas Gol A Gong membagikan pengalaman tentang bagaimana membangun Pustaka Rumah Dunia (PRD) di Banten hingga masyarakat sekitar tergerak untuk banyak membaca, apalagi PRD juga menjadi pusat kegiatan seni budaya," ujarnya.

Di hadapan 300-an peserta, Gol A Gong yang dikenal sebagai "travel writer" (penulis catatan perjalanan) itu menegaskan bahwa buku itu jendela dunia.
"Dengan banyak membaca, kita bertambah pengetahuan. Dengan pengetahuan, kita jauh dari kemiskinan karena berdaya," kata pria kelahiran Purwakarta, 15 Agustus 1963 itu.

Selanjutnya, Gol A Gong membagikan tips membuat catatan perjalanan kepada komunitas sekolah unggulan di Kabupaten Magetan yakni Gen Muda SMAN 1 Magetan serta aktivis pelajar lainnya.

"Kalau sekedar jalan-jalan saja kenangannya hanya ada di pikiran dan foto. Tapi kalau kita menuliskannya, maka kisahnya akan abadi," tandasnya.

Setelah Magetan, Gol A Gong yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Indonesia itu akan melanjutkan misi "blusukan literasi" ke komunitas buku dan perpustakan kampung di Kabupaten Ngawi dan Tulungagung.

Selain itu, ke Jombang, Surabaya, Madura hingga daerah tapal kuda, dan akan berakhir di Yogyakarta setelah melewati Blitar, Trenggalek, dan Pacitan. (*)

Sumber : Antara

0 comments: